Minggu, 17 Juli 2011

Atom, tidak begitu saja di ditemukan ssebagai bagian terkecil dari suatu unsur. Berikut ini filosof-filosof serta ilmuwan-ilmuwan yang mengemukakan tentang atom :
1. Aristoteles

Lahir pada sekitar abad ke 3 sebelum masehi. Ia termasuk filosof yang banyak pengikutnya. Ia mengemukkan    bahwa suatu materi akan terus dapat dibagi--bagi lagi TANPA BATAS atau istilah kerennya unlimited. Memang endapat ini salah, namun, karena Aristoteles ini adalah seorang filosof termahsyur pada zamannya, ini menjadikan pandangannya ini dianut oleh dunia sampai abad kek 16

2. Demokritus

Ia mengemukaka bahwa suatu materi akan dapat terus dibagi-bagi lagi sampai pada suatu titik yang mana pada titik tersebut tidak dapat dibagi lagi. Jadi, sebenarnya pendapat Demokrituslah yang benar. Namun, perlu dicermati pula bahwa filosof-filosof ini, tidak melakukan penelitian dikarenakan beberapa hal, satu diantaranya adalah kemajuan zaman.

3. John Dalton

Saat dunia semakin mencekam dikarenakan dunia menganut system daripda Aristoteles yang mengatakan sifat materi ini tidak terbatas untuk dapat dibagi, Jhon Dalton pada awal abad ke 17 menemukan suatu bagian terkecil yang diberi nama atom (a = tidak tomos = dibagi-bagi lagi). Ia menemukan atom bukan dari sebuah penelitian, namun dari dugaan-dugaan.

4. Tomas Thomson

Ia menemukan suatu energi didalam atom melalui penelitiannya. Ia menemukan elektron yang bermuatan negatif(-). percobaannya ialah memancarkan suatu sinar kedalam logam mulia yang dipasang didepan dan dibelakangnya sebuah cermin, pada hasil penelitiannya ini sinar ada yang menembus dan ada yang dipantulkan. ini membuktikan bahwa muatan suatu atom ada yang bermuatan positif dan adapula yang bermuatan negatif.

5. Rutherford

Ia menemukan inti atom yang bernama neutron yang berpasangan dengan proton(+).

6. Niels Bohr

Bohr adalah orang pertama di dunia yang menerapkan teori kuantum untuk mengatasi problem struktur atom. Ia menggunakan teori berkas cahaya Planck dan model atom Rutherford untuk menjelaskan cahaya yang muncul pada atom hydrogen. Menurutnya, elektron mengelilingi inti pada orbital-orbital tertentu. Didalam atom terdapat orbit dalam dan orbit luar. Orbit dalam adalah orbit elektron didekat inti, orbit luar dapat menampung lebih banyak elektron. Elektron pada orbit luar menentukan sifat-sifat kimia atom. Kadang-kadang elektron pada orbit luar melompat ke orbit dalam. Pada waktu melompat elektron itu mengeluarkan cahaya.

Sumber Referensi saya : Guru Kimia SMAN 14 Bandung 11 IPA 2  dan blog munir4731mtk.
Tagged
Different Themes
Ditulis Oleh Akmil Ibnu Sobari

Man Jadda Wa Jada

3 komentar:

Silahkan, sekarang, siapapun boleh memberikan komentar.
Blog ini Dofollow, silahkan beri komentar untuk mendapat backlink gratis